Minggu, 09 Oktober 2011

Pengenalan Program Akademik (PPA) 2011 Fakultas Psikologi UMS

PPA hari 1 ( Senin,12 september 2011)
1.jpg5.jpg16.jpg
PPA dilaksanakan pada hari senin 12 september 2011 di area kampus 2 UMS fakultas psikologi.Acara dimulai dengan pembukaan dari seluruh panitia PPA fakultas psikologi dengan sambutan dari Ketua PPA,PJ(Penanggung jawab),Ketua DPM(Dewan Perwakilann Mahasiswa),lalu wakil dekan 3 fak.Psikologi yaitu Bp Setyo Purwanto S.Psi M.si .seperti gmbr diatas terlihat seluruh panitia berbaris rapi dalam apel pagi serta pembukaan PPA.lalu pada gambar tengah terlihat barisan SC,DPM,PJ,Ketua.Apel pagi dilakukan mulai pukul 05.30 hingga pukul 06.30.
8.jpg2.jpgDSC03951.jpg
10.jpg11.jpg18.jpg
Di dalam foto diatas terlihat juga MARU yang sedang mengeluarkan barang-barang yang dianjurkan untuk dibawa pada hari itu,jika ada yang salah Tim Indis akan memberikan tanda pada kotak pelanggaran yang ada pada co card seperti salah satu gambar diatas.Kemudian setelah pengecekan MARU dibawa ke basement untuk istirahat sejenak sambil duduk dan menaruh barang bawaannya.pada pukul 06.30 MARU sudah berada di dalam basement lalu dikondisikan lagi ke jalan fakultas psikologi untuk persiapaan upacara pembukaan di Lapangan Psikologi.
12.jpg19.jpg20.jpg
13.jpg21.jpg22.jpg
Lewat foto diatas terlihat Tim Indis menemani MARU berjalan menuju lapangan psikologi untuk melakukan Upacara pembukaan PPA tingkat Universitas.dimulai pada pukul 07.00 hingga 11.30.Disamping itu Tim Indis lain mengecek barang bawaan yang dibawa oleh MARU yang ditinggal di basement seperti yang tampak pada foto diatas.Lalu terlihat juga MARU yang sakit yang sedang ditangani oleh Tim P3K.
14.jpg24.jpg23.jpg
25.jpg26.jpg27.jpg
Setelah selesai melakukan Upacara Pembukaan MARU di bombing kermbali untuk kembali ke basement untuk berganti sandal dan mengambil peralatan sholat dan dapat segera ISHOMA hingga pukul 12.30.Sholat berjamaah dilakukan di Hall Selatan.dapat dilihat pada gambar diatas para MARU yang sedang mengantri untuk mengambil air wudhu.kemudian dilanjutkan lagi acara di basement Materi dengan pembicara Bp.Susatyo Yuwono pada pukul 13.00 hingga pukul 13.30.
28.jpg29.jpg30.jpg
Lalu setelah itu dilanjutkan lagi oleh Materi Bp.Soleh Amini pada pukul 13.30 – 14.20 lalu datang Bp. Setyo Purwanto Untuk mengisi  Materi namun masih ditemani oleh Bp.Soni dan berakhir pada 15.00 lalu langsung dilanjutkan dengan ISHOMA hingga 15.30 dan MARU segera kembali ke basement untuk melanjutkan materi selanjutnya yang akan disampaikan oleh Admira Eka(Eks.Gub Fak Psi) hingga pukul 16.15.
31.jpg33.jpg34.jpg
Lalu dilanjutkan dengan Materi oleh Muhammad Nur(Eks Presiden BEM U)yang sebelum beranjak ke materi beliau menampilkan sebuah hiburan dengan 2 temannya yang dimana beliau membacakan sebuah puisi dengan diiringi oleh music seperti yang tertera pada foto diatas.
35.jpg36.jpg
Lalu ketua DPM Psi memberikan sedikit tugas untuk MARU.diluar basement tampak panitia yang lain sedang sibuk menyiapkan segala sesuatunya untuk apel sore yang akan diadakan di jalan fakultas psikologi.

 
37.jpg38.jpg
39.jpg40.jpg
42.jpg43.jpg
Apel sore dilakukan pukul 17.00 dan berakhir pada 17.30.MARU yang tidak sesuai dengan kelengkapannya akan diberikan sanksi oleh tim Indis,salah satunya bagi MARU laki-laki yang rambutnya masih panjang,sehingga tim indis member peringatan dengan memotong rambut MARU secara simbolis saja,agar pada hari ke 2 dapat lebih rapi lagi.


PPA Hari 2 ( Selasa,13 september 2011)
5.jpg1.jpg
6.jpg2.jpg
Apel Pagi dilakukan pada pukul 05.30 – 06.30 dengan pengecekan pada semua barang yang dibawa oleh MARU oleh Tim Indis yang dibantu oleh Tim lainnya.
8.jpg7.jpg
Pengecekan dilakukan seperti gambar diatas,dan ada beberapa MARU yang kurang lengkap sehingga dibawa ke depan oleh Tim Indis.
9.jpg10.jpg
11.jpg12.jpg
Tampak MARU yang sedang mengeluarkan barang bawaan yang disebutkan oleh panitia acara,pada foto paling bawah tampak MARU yang sedang menjalani hukuman yaitu dengan berjalan mengelilingi MARU lainnya sambil berkata secara lantang dan terus menerus sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Tim Indis.
14.jpg15.jpg
16.jpg17.jpg18.jpg
19.jpg
Tim P3K juga sedang membantu MARU yang sedang sakit untuk dibawa ke ruang P3K,lalu disamping itu dengan dipimpin oleh acara,MARU diajak senam sejenak hingga pukul 07.00 kemudian berlanjut untuk dipersilahkan makan bekal makanan yang dibawa oleh MARU untuk dimakan.
21.jpg
22.jpg
23.jpg24.jpg
25.jpg26.jpg
27.jpg29.jpg
30.jpg
31.jpg
33.jpg34.jpg
Setelah Maru makan bekal yang dibawa,Maru dipersilahkan masuk ke basement untuk mengikuti materi yang telah dipersiapkan oleh panitia,yang disampaikan oleh antara lain Ibu Partini,S.psi,M.si , Bapak Susatya Yuwono,S.psi,M.si , Bapak Setyo Purwanto,S.psi,M.si , Bapak Soleh Amini Yahman,Spsi.Msi,dan Bapak Muji selaku kepala Tata Usaha. Setelah itu dilanjut menonton film tentang pergerakan mahasiswa di Indonesia kemudian yang dikomentari oleh Wiendi Himasari selaku Gubernur BEM Fakultas Psikologi UMS. Kemudian materi diisi BKPP yang memperkenalkan dan mendemonstrasikan tentang BKPP dan kegiatannya. Setelah materi dari BKPP selesai dilanjut materi dari BEM Universitas yang disampaikan oleh Gubernur  Bem Universitas UMS. Setelah itu materi selesai dan dilanjutkan solat Dzuhur yang kemudian dilanjut makan siang bagi semua peserta PPA 2011.

36.jpg37.jpg38.jpg39.jpg
Sehabis melaksanakan solat Dzuhur,peserta berjalan kaki menuju ke danau untuk melihat stand-stand dar UKM-U. Dan setelah itu kembali lagi ke basement untuk melihat presentasi dari tiap-tiap UKM-F.


40.jpg41.jpg42.jpg43.jpg
47.jpg
Setelah presentasi dari UKM-F selesai kemudian  peserta menjalani jadwal apel sore,tetapi karena cuaca yang kurang mendukung (gerimis) maka apel sore dipindah lokasi di hall tengah. Seperti pada hari sebelumnya,peserta yang melakukan pelanggaran diminta untuk keluar barisan untuk mempertanggung jawabkan kesalahan yang mereka perbuat.






PPA Hari 3 (14 September 2011)
1a.jpg2b.jpg
1.jpg2.jpg3b.jpg3.jpg
Seperti pada hari hari sebelumnya MARU melaksanakan apel pagi terlebih dahulu sambil tim acara menyebutkan barang bawaan apa saja yang dibawa pada hari ini serta tim indis melakukan pengecekan.dan cukup banyak yang tidak memenuhi aturan sehingga MARU disuruh berdiri didepsn untuk mendapatkan hukuman.seperti foto yang ditampilkan diatas.
7a.jpg4.jpg
6.jpg6b.jpg
7.jpg
6a.jpg
Setelah dilakukan apel pagi,MARU dipersilahkan untuk memasuki basement guna berganti pakaian untuk outbond.setelah ganti pakaian MARU dipersilahkan keluar menuju jalan sekitar fakultas psikologi dengan dipandu panitia Koordinasi Lapangan,sertan PMK masing masing untuk mengikuti game pada tiap posnya yang telah dibagi menjadi 4 tempat dengan game yang berbeda beda pula.salah satu contoh game nya dapat dilihat dalam foto diatas.
9.jpg10.jpg
11.jpg
Setelah selesai outbond MARU dipersilahkan untuk berganti pakaian kemudian kembali ke basement untuk mengikuti materi selanjutnya yang akan disampaikan oleh Bp.Soleh Amini dan setelah materi disampaikan oleh Eks Presiden BEM U yaitu Mas Danang dan setelah penyampaian materi ada beberapa MARU yang bertanya,salah satunya seperti yang kami tampilkan dari foto diatas.
15.jpg
14.jpg
Setlah materi kemudian ISHOMA lalu MARU dipersilahkan untuk melihat penampilan dari salah satu UKM F yaitu Teater LUGU yang dipertunjukan di Hall selatan hingga berakhir pada pukul 15.00 dan MARU dipersilahkan untuk ISHOMA kembali.
16.jpg18.jpg
17.jpg
Setelah selesai ISHOMA,MARU dipersilahkan untuk keluar menuju jalan Fakultas Psikologi untuk mengikuti penampilan juga dari salah satu UKM F yaitu Psichopala,dan dapat dilihat dari beberapa gambar diatas ada beberapa MARU yang mencoba salah satu sosialisasi dari psikopala
19.jpg
20.jpg
Setelah itu pukul 16.30 MARU dipersilahkan kembali untuk menuju basement guna melakukan renungan

PPA Hari 4 (15 September 2011)
6.jpg7.jpg


1.jpg10.jpg
2.jpg
Apel pagi pada hari ke 4 dilakukan seperti hari hari sebelumnya,MARU dimohon untuk mengumpulkan tugas dan yang tidak membawa akan diberikan sanksinsetelah itu MARU dipersilahkan masuk ke basement untuk dilakukan stressor all panitia.
11.jpg
26.jpg25.jpg
24.jpg
Setelah itu MARU dipilih 10 orang secara acak untuk melakukan penanaman pohon di lahan yang telah disediakan oleh Universitas Muhammadyah Surakarta.
12.jpg13.jpg
14.jpg
disamping selain 10 orang yang dipilih untuk penanaman,MARU yang lain dipersilahkan untuk menuju hall tengah untuk melakukan inagurasi pada tiap tiap kelompoknya.
16.jpg
Gambar diatas adalah kelompok terbaik yang dipilih sesuai dengan tugas tugas yang diberikan pada MARU.

17.jpg18.jpg
Gambar diatas adalah menunjukkan pemberiaan penghargaan bagi peserta terbaik PPA 2011  terbaik .
20.jpg
Gambar diatas menunjukkan pemberian penghargaan bagi kelompok terbaik PPA 2011.
19.jpg
Gambar diatas adalahpemberiaan penghargaan bagi peserta PPA 2011 yang paling bandel.
30.jpg31.jpg
32.jpg
Selanjutnya acara penutupan diawali dengan sambutan dari ketua panitia PPA 2011 Rizal Nustrat kemudian Penanggung Jawab Wiendi Himasari dan Wakil Dekan 3 Bp Setyo Purwanto S.Psi M.Si
      33.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar